BLOG DALAM KEADAAN SEDANG DI REPARASI||MOHON MA`AF APABILA MASIH BANYAK KEKURANGAN||TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG

PANDANGLAH KE BAWAH DALAM MASALAH DUNIA (Mengatasi masalah dunia)

PANDANGLAH KE BAWAH DALAM MASALAH DUNIA (Mengatasi masalah dunia) -
PANDANGLAH KE BAWAH DALAM MASALAH DUNIA

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

انظروا إلى من هو أسفل منكم ولا تنظروا إلى من هو فوقكم، فإنه أجدر أن لا تزدروا نعمة الله عليكم

"Lihatlah kepada orang yang berada di bawahmu dan jangan kamu melihat kepada orang yang ada diatasmu. Karena hal itu lebih layak bagimu agar kamu tidak meremehkan nikmat Allah yang dikaruniakan atas dirimu". [HR. al Bukhary]

Seorang hamba jika memusatkan perhatiannya pada ajaran nabawi yang agung ini, maka dia akan melihat dirinya mengungguli orang banyak dalam hal kesejahteraan dan rezki serta berbagai kenikmatan lain berkat kedua karunia itu, meski ia berada dalam kondisi apapun.

Dengan itu sirnalah keguncangan, kegundahan dan keruwetannya, serta bertambahlah kebahagiaannya dan kesukaannya terhadap nikmat-nikmat Allah, yang ia dalam hal ini mengungguli orang-orang lain yang ada di bawahnya.

Setiap kali seorang hamba merenungi nikmat-nikmat Allah yang lahir maupun batin, baik itu di sisi religi maupun duniawi, ia akan melihat Allah, Rabb-nya, telah menganugerahkannya karunia yang banyak dan telah menghindarkan dirinya dari berbagai keburukan. Tidak diragukan bahwa hal itu dapat menghilangkan kegundahan dan kesedihan, disamping membuahkan kebahagiaan dan suka cita.

[Syaikh Nashir bin Abdurrahman as Sa'di rahimahullahu]


Artikel Terkait:

0 komentar: