BLOG DALAM KEADAAN SEDANG DI REPARASI||MOHON MA`AF APABILA MASIH BANYAK KEKURANGAN||TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG

Perawatan atau Pemeliharaan Tanaman Tebu

Perawatan atau Pemeliharaan Tanaman Tebu -
Pemeliharaan tanaman secara umum mencakup segala kegiatan yang berkaitan dengan upaya menjaga kelangsungan hidup tanaman agar tetap hidup sehat dan memiliki produktivitas tinggi. Kegiatan yang dikerjakan pada pemeliharaan tanaman dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia maupun tenaga mesin pertanian. Pekerjaan pemeliharaan tanaman yang menggunakan tenaga manusia adalah sulam (replacement) dan pengendalian gulma pasca tumbuh. Sulam bertujuan memperbaiki populasi tanaman.

Pemeliharaan tanaman menggunakan alsintan atau kultivasi bertujuan menyiapkan kondisi tanah agar memungkinkan terjadinya perkembangan akar yang baik dan mendukung pertumbuhan tanaman. Namun juga disadari bahwa kultivasi yang kurang tepat dapat mengakibatkan dampak negatif terhadap sifat fisik tanah, yaitu terjadi pemam-patan tanah, dan tingginya biaya produksi.

Terjadinya lapisan kedap air akibat pemampatan tanah dapat mengakibatkan berkurangnya volume perakaran dan berdampak pada pekanya tanaman terhadap kekeringan. Upaya mengurangi pemampatan tanah dilakukan dengan

    Mengurangi frekuensi alsintan yang masuk ke dalam petak kebun,
    Menghindari alsintan masuk kebun ketikakelembaban tanah melebihi kapasitas lapang,
    Merakit implemen multi fungsi,
    Meningkatkan kedalaman kerja implemen. Lebih dari 450 unit alsintan dimiliki oleh Gunung Madu Plantations.

baca selanjutnya disini >>>>pemeliharaan tanaman tebu<<<<<<

Artikel Terkait: