BLOG DALAM KEADAAN SEDANG DI REPARASI||MOHON MA`AF APABILA MASIH BANYAK KEKURANGAN||TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG

Membuat Suvenir Dari Daur Ulang Kertas

Membuat Suvenir Dari Daur Ulang Kertas -
Membuat lukisan dari bubur kertas
               
                Lukisan bubur kertas itu merupakan salah satu karya seni yang sangat mudah dan mempunyai nilai keindahan yang lumayan tinggi .
Gak salah saya sering mengandalkannya pada saat saya mengikuti  perlombaan classmeeting  disekolah yaitu “lomba daur ulang sampah” dan hasilnya slalu mendapat juara J horreee!!
Ilmu membuat lukisan dari bubur kertas itu sendiri saya dapat ketika saya duduk di kelas 4 SD, saat itu saya memmbuat peta pulau jawa menggunakan bubur kertas tersebut dan diajarkan oleh “pak wardi suwardi S.pd”
Okelah langsung saja kita mulai membuat lukisan tersebut J(semoga masih inget )
Langkah-langkahnya :
1.       Ambil dan kumpulkan koran bekas .
2.       Sobek-sobek kertas kecil-kecil (boleh diblender kalau pengen praktis).
3.       Rendam kertas koran itu selama dua sampai tiga hari dengan menggunakan sedikit air.
4.       Setelah itu saring dan pisahkan bubur kertas tersebut dari sisa air yang tadi digunakan untuk merendam koran.
Setelah koran tadi sudah lumayan menjadi bubur (kira-kira seperti gambar dibawah ini) mari kita membuat bahan perekatnya


Membuat perekat bubur tersebut   saya menggunakan tepung kanji (sagu) yang sudah dimasak menggunakan air sampai lengket, boleh juga menggunakan lemm foxx agar lebih praktis J
Setelah itu campurkan tepung kanji (lem foxx) dengan bubur kertas yang sudah terpisah dengan air tersebut.(campurkan sampai merata yachh J)
                Setelah itu kita buat sketsa pada papan yang akan digunakan untuk mencetak lukisan tersebut (kalau sudah ahli gambar bisa langsung.
“ukuran papan sesuai selera”
                Sketsa sudah terbuat mari kita mulai menempelkan bubur kertas yang sudah dicampurkan dengan lem perket pada sketsa gambar tersebut.
ketebalan bubur kertas sesuai selera  namun semakin tebal bubur kertas ditempel semakin lama proses penjemurannya,saya sarankan sekitar 1-2 cm saja .
setelah bubur tertempl, langkah selanjutnya yaitu proses penjemuran.
Jemur lukisan bubur tersebut selama 1-2 hari tergantung ketebalan bubur tersebut.
                Proses selanjutnya setelah bubur kertas kering yaitu pewarnaan. Langkah ini saya serahkan pada sobat karna sobat pasti punya selera masing2 dalam proses pewarnaanJ
Kira-kira hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini J

Selamat mencoba dan selamat berkreasiJ
Salam Syaiful-Rahayu.com


Artikel Terkait: