BLOG DALAM KEADAAN SEDANG DI REPARASI||MOHON MA`AF APABILA MASIH BANYAK KEKURANGAN||TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG

Pengangtar Manajemen 1

Pengangtar Manajemen 1 -
                Manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Selain untuk mencapai suatu tujuan, manajemen juga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan, dan juga untuk mencapai efisiensi dan efektifitas pekerjaan.
                Unsur-unsur dalam manajemen terdiri dari 5M :
·         Men, yaitu manusia ;
·         Money, yaitu uang ;
·         Material, yaitu bahan baku ;
·         Machine, yaitu mesin, dan ;
·         Methods, yaitu metode.
Kelima hal tersebut merupakan suatu kesatuan yang utuh dan memiliki keterkaitan yang kuat yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Kita bayangkan apabila salah satu dari kelima unsur tersebut tidak terpenuhi, mungkin pekerjaan akan tetap bisa berjalan, namun kemungkinan untuk benar dan dapat tepat pada tujuan sangatlah kecil. Dengan kata lain pekerjaan akan berantakan total.
Fungsi manajemen ada empat, yaitu sebagai berikut :
·         Planning, yaitu proses perencanaan ;
·         Organizing, yaitu proses pengorganisasian ;
·         Actuating, yaitu pelaksanaan rencana, dan ;
·         Controlling, yaitu pengawasan terhadap jalannya pelaksaan rencana.
                Dalam manajemen kita mengenal adanya INPUT-PROSES-OUTPUT. Seringkali kita berorientasi atau mementingkan output(hasil) dari pada yang lainnya. Tak jarang pula kita menginginkan hasil yang baik dengan cara yang instant, meskipun kadang hal itu bisa terjadi tetapi jika di lihat dari nilai kepuasannya tentu berbeda antara orang yang merintis dari awal dengan segala usahanya dengan orang yang mendapatkan segala sesuatunya dengan instant. Pada dasarnya, dibandingkan dengan yang lainnya “Proses” lah yang paling penting. Karena nilai Proses berbanding lurus dengan output, jika proses yang kita lalui baik, maka kemungkinan besar output kita kedepannya juga akan baik, begitu pula sebaliknya. Seperti yang diajarkan Islam, bahwa sebagai manusia kita dituntut untuk selalu berusaha biarkanlah kemudian Allah stw yang akan menentukan hasilnya.


Artikel Terkait:

0 komentar: