BLOG DALAM KEADAAN SEDANG DI REPARASI||MOHON MA`AF APABILA MASIH BANYAK KEKURANGAN||TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG

Mengulik Kecamatan Jabung

Mengulik Kecamatan Jabung -  Alhamdulilah kemarin saya bisa tiba dilampung setelah 3 tahun mencari ilmu didaerah orang lain. Sangat rindu memang dengan daerah kelahiran ku ini, Desa Adirejo Kecamatan Jabung Lampung Timur itulah tempat kelahiranku bangga aku dilahirkan didaerah ini. Banyak sekalin pesona yang ada didaerah ini. Mulai dari pemandangan alam, pertanian, kultur budaya, sosial.

Sekarang saya mencoba untuk membahas semua potensi yang ada diderah jabung ini, memang jabung kecamatan yang cukup luas. Sampai – sampai pemerintah kecamatan tidak bisa menjangkau semua wilayah kecamatanya. Sehingga banyak terjadi diskomunikasi (tidak ada komunikasi) antara warga dengan pemerintah kecamatan, mulai berbelitnya pelayanan umum pembuatan KTP, Kartu Keluarga dan lain-lain. Kalau melakukan pembuatan melalui bayan atau yang lainya pasti harus ada imbalanya, apalagi banyak warga miskin yang menganggak uang imbalanya terlalu besar untuk mereka. Kalau uang imabalan terlalu kecil maka, pembuatan pun juga akan lelet. Inilah rellita yang ada. Berdalih pembuatan harus ada ditingkat kabupaten sehingga uang imbalan pun juga akan semakin banyak.

  • Potensi Alam

Jabung memiliki banyak pemandangan alam, mulai dari hamparan sawah yang luas sampai daerah tebing yang indah. Sayang sekali saya tidak punya kamera untuk mengabadikan keindahan alam yang ada dijabung untuk membuktikan bahwa dijabung memiliki kekayaan alam yang cukup bagus.

  • Potensi Pertanian

Jabung memiliki pertanian yang cukup memumpuni, sektor sawah lah yang cukup tinggi grafiknya dan perkebunan juga lumayan bisa bersaing untuk memenuhi pasaran lokal dan sekitarnya. Pusat pertanian sawah terletak didaerah Tanggul dari siring I sampai dengan Siring IX. Sedangkan diperkebunan tidak dapat dipastikan karena tempatnya yang tidak dikelompokkan, namun yang cukup menonjol adalah komodioti jagung dan singkong.

  • Potensi Budaya

Kultur budaya dijabung sangat banyak terbukti dengan banyaknya adat istiadat yang dilaukan dijabung hal ini karena dijabung banyak terdapat transmigrasi dari luar pulau sumatra. Termasuk saya yang putra jawa asli.


  • Sosial


Masyarakat jabung memilki jiwa sosial yang cukup tinggi terbukti masih terlihatnya acara gotong royong yang dilakukan ketika ada acara lomba desa.


Artikel Terkait:

0 komentar: